10 Aplikasi Yang Perlu Dimiliki Satpam

Tim infosatpam

| 5 minutes


Di bidang keamanan, Satpam dituntut untuk siap dalam berbagai macam situasi ketika bertugas. Mulai dari memantau objek pengamanan ketika patroli, hingga melakukan pelaporan pada atasan. Untuk meningkatkan layanan pengamanan ada beberapa aplikasi yang dapat membantu tugas Satpam hanya dengan sentuhan tombol — khususnya, tombol yang memanggil aplikasi di smartphone atau tablet.

Daftar berikut ini merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk digunakan Satpam sebagai asisten digital:

1. WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi yang terkenal karena memiliki kemampuan untuk mengirim pesan dengan murah melalui perangkat seluler mereka dengan hanya bermodalkan kuota. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa Satpam perlu memiliki aplikasi praktis ini. Dengan WhatsApp anda dapat melakukan panggilan suara dan video meskipun orang yang Anda ajak bicara berada di negara lain. Menggunakan aplikasi ini secara umum dapat mempercepat pertukaran informasi bagi Satpam dan juga lebih efisien daripada menggunakan email maupun SMS.

2. Evernote

Evernote merupakan salah satu aplikasi pembuat catatan terkemuka di dunia. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap seperti catatan anda dapat ditulis atau diketik, didiktekan dan direkam sebagai audio atau juga dilampirkan sebagai gambar. Pada dasarnya, informasi apa pun yang Anda perlu catat dapat dilakukan oleh Evernote. Yang diperlukan hanyalah terpasang dengan jaringan internet dan anda dapat mengakses catatan dari komputer atau gadget lain di manapun anda berada. Ini akan dapat menggantikan buku catatan, referensi, atau perangkat pena dan kertas besar lainnya yang petugas Satpam biasa bawa.

3. Asana

Asana memungkinkan Satpam tingkat manajer maupun supervisor untuk melacak pekerjaan tim mereka, berbagi tugas, dan mengelola jadwal anggota satpam. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan bagus untuk memberi anda gambaran besar mengenai produktivitas setiap Satuan Pengamanan yang anda pimpin. Asana akan jadi aplikasi yang terbaik bagi atasan setingkat Satpam Supervisor atau diatasnya untuk berkomunikasi dan mengingatkan tim tentang tenggat waktu.

4. iTrack

iTrack sangat berguna untuk melacak ponsel petugas keamanan dengan menggunakan GPS. Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi, seperti dapat melacak beberapa petugas Satpam secara bersamaan, dan juga dapat melacak kecepatan bergerak mereka dan memberikan gambaran tentang lokasi mereka yang sedang berpatroli. Ini memungkinkan atasan mereka untuk melihat riwayat lokasi personel Satpam dalam enam jam terakhir, yang berguna dalam melakukan prosedur pengawasan.

5. Dropbox

Dropbox merupakan layanan hosting file yang memungkinkan Anda menyimpan file digital di lokasi terpusat. Berkat sistem penyimpanan cloud, data Anda dapat digunakan kapan saja di semua perangkat. Program ini mudah digunakan, memiliki salah satu fitur pencadangan terbaik, dan keamanan yang baik.

Aplikasi ini memiliki paket penyimpanan yang fleksibel dan paket yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan tim Anda. Jika file terhapus secara tidak sengaja maka Dropbox dapat dengan mudah memulihkannya. Hal ni dapat membantu mengurangi kekacauan dokumentasi fisik dan digital serta menghemat waktu dan uang Anda.

6. Jibble

Jibble adalah aplikasi pelacakan kehadiran dengan GPS bawaan dengan fungsi pengenalan wajah. Jibble dapat dengan mudah membuat jadwal kerja untuk melacak lembur dan secara otomatis menghasilkan jadwal. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda mengatur waktu lembur dan istirahat sesuai jadwal kerja. Dan secara otomatis menghasilkan laporan terperinci dan daftar jam kerja.

7. Turjawali Patrol

Turjawali Patrol adalah solusi bagi petugas patroli Satpam dalam hal penjagaan keamanan dan patroli, untuk meningkatkan produktivitas melalui pemantauan dan pelaporan waktu nyata. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan patroli di tempat dengan cermat.

Menggunakan aplikasi Turjawali merupakan alternatif yang efektif untuk mencegah tindak kecurangan. Dengan penggunaan absensi online secara mandiri memudahkan Satpam ketika melakukan absen, namun tetap dengan menjaga keamanan dan fleksibelitas. Data yang disimpan dalam aplikasi Turjawali pun tidak mudah diubah karena terenkripsi dan aman.

8. Waze

Waze adalah aplikasi GPS, peta, dan navigasi jalan yang berbasis komunitas. Jika anda sedang bertugas melakukan pengawalan dan perlu menemukan rute paling efektif ke lokasi yang berbeda, opsi ini sangat cocok untuk keperluan tersebut. Pengguna dapat mengakses laporan lalu lintas, informasi kecelakaan, perangkap polisi, dan bahaya jalan lainnya. Komunitas anda membantu memastikan bahwa aplikasi Anda cepat beradaptasi dengan informasi baru dan memberikan rute tercepat kepada pengguna.

9. First Aid and Emergency Techniques

Satuan Pengamanan perlu dipersiapkan tidak hanya untuk kegiatan kriminal tetapi juga keadaan darurat medis, aplikasi ini benar-benar dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang. Dengan aplikasi First Aid and Emergency Techniques, tersedia gratis untuk ponsel Android, dikembangkan oleh Fatbelly. Anda dapat menggunakan aplikasi ini sebagai sumber informasi untuk tindakan pertama pada situasi darurat. Karena dalam aplikasi ini terdapat banyak informasi yang dapat membantu anda dalam keadaan darurat baik penyelamatan fisik maupun mental.

10. Smart Tools

Smart Tools yang dikembangkan oleh Smart Tools co adalah aplikasi untuk mengukur sesuatu, mulai dari mengukur jarak, pendek, panjang, dan juga suara dengan ponsel anda. Aplikasi ini juga dapat mengukur ketinggian, area, sudut dan arah kompas. Dan juga dapat mengukur getaran dan mendeteksi logam dengan ponsel pintar Anda. Alat ini juga memiliki senter, perekam tingkat suara dan kaca pembesar. Aplikasi ini dapat menggantikan setengah dari sabuk Satpam, mengurangi jumlah barang besar yang Anda bawa setiap hari. Walaupun aplikasi ini menggantikan beberapa item yang mungkin Anda perlukan seperti borgol dan tongkat-T tetapi tetap dapat berfungsi dalam keadaan darurat untuk seratus tujuan berbeda.

Penutup

Meskipun ada banyak aplikasi lain untuk Satpam yang ada di pasaran, kesepuluh aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang dibutuhkan di dunia keamanan saat ini. Baik membantu mengelola bisnis keamanan dengan efektif, melacak lokasi petugas selama evakuasi atau membiarkan mereka menyelamatkan nyawa seseorang dengan menggunakan CPR. Ada juga aplikasi yang dapat mengukur banyak hal, anda tidak pernah tahu kapan Anda harus melakukan pengukuran, perhitungan, atau bahkan hanya menggunakan senter. Namun perlu diingat bahwa biasanya aplikasi ini hanya dapat melakukan banyak hal dan jika Anda memerlukan fungsi khusus yang dapat disesuaikan maka anda harus membayarnya.