10 Tips Aman Ketika Berpatroli Untuk Satpam

Tim infosatpam

| 5 minutes


Profesi Satpam merupakan karier yang didedikasikan untuk melindungi orang dan aset dari klien tempat mereka bekerja. Tentunya dalam melakukan pekerjaannya karier ini memiliki risiko akan bahaya yang mengintai di sekitar mereka. Lalu bagaimana agar satpam dapat secara aktif bekerja untuk menjaga objek perlindungan dan juga diri mereka dengan aman saat bertugas?

Ada banyak tindakan pencegahan yang dapat dilakukan Satuan Pengamanan dan manajer mereka untuk menciptakan kondisi kerja yang paling aman bagi perusahaan/organisasi maupun satpam itu sendiri. Berikut 10 tips agar aman ketika sedang berpatroli:

**1. Selalu Bawa Perlengkapan Untuk Membela Diri

Tidak peduli seberapa rutin ketukan saat berpatroli, Anda tidak pernah tahu kapan keadaan akan berubah menjadi yang terburuk. Untuk melindungi penjaga Anda dari hal yang tidak terduga, penting bagi Anda untuk selalu siap dengan perlengkapan pertahanan Anda.

Jika penjaga Anda diperbolehkan/diperlukan untuk membawa senjata api, pastikan untuk selalu memilikinya dengan aman. Jika mereka tidak diperbolehkan membawa senjata api saat bertugas, pastikan Anda memiliki alat penting lainnya. Ini harus mencakup senter, radio, semprotan merica, dan tongkat jika peralatan tersebut diperbolehkan dalam yurisdiksi Anda.

**2. Tetap Waspada di Tempat Kerja Anda dan Antisipasi Bahayanya

Sering petugas keamanan diminta untuk berpatroli di gedung-gedung komersial yang menampung bahan-bahan berbahaya. Ketika itu terjadi, penting bagi para penjaga untuk diberi pengarahan dengan benar tentang zat berbahaya apa yang berbahaya di sekitar mereka.

Misalnya, Anda harus tahu apakah suatu zat yang dijaga sangat menarik bagi pencuri. Dengan begitu tong, peti, dll. tertentu dapat dijaga dengan baik. Penting juga untuk mengetahui protokol apa yang akan berlaku jika penjaga Anda secara tidak sengaja melakukan kontak fisik dengan zat berbahaya.

**3. Kenali lingkungan kerja Anda

Kenali semua area yang berpotensial menjadi masalah di lingkungan Anda. Telusuri rute patroli anda untuk mempelajari di mana semua tangga, pintu, dan pintu keluar berada dan setiap jengkal di lingkungan kerja anda guna mempersiapkan anda ketika akan bertugas. Demikian pula, pastikan untuk melaporkan bola lampu yang terbakar, kunci yang rusak, atau celah di pagar kepada atasan anda.

**4. Jaga Jarak Aman Dari Tersangka

Ketika menginterogasi calon tersangka, anda tidak pernah tahu apa yang mereka akan lakukan untuk melarikan diri atau menyerang petugas. Itulah mengapa sangat penting bagi semua satpam yang berpatroli untuk tetap berada di luar jangkauan tangan ketika sedang menginterogasi. Dengan demikian akan memberikan waktu bagi seorang satpam untuk bereaksi jika seorang tersangka mencoba menyerang.

**5. Gunakan Interval Secara Acak Ketika Berpatroli

Anda sebagai satpam harus berhati-hati agar pola patroli tidak mudah diprediksi karena ketika pola patroli anda dapat diprediksi adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan dalam menjaga aset perusahaan/organisasi. Hal ini memungkinkan penjahat untuk membuat rencana untuk merusak upaya patroli Anda atau mungkin menyebabkan Anda terluka. Maka dari itu untuk memastikan pola Anda tidak dilacak, ubah selang waktu antara berpatroli di pos pemeriksaan tertentu karena hal itu akan mempersulit penjahat untuk beroperasi.

**6. Tetap Waspada Terhadap Sudut Ruangan

Sudut ruangan merupakan titik-buta yang dapat digunakan penjahat kesempatan untuk melakukan elemen kejutan. Jadi anda harus waspada di setiap sudut fasilitas, terutama area yang lebih gelap. Pastikan indra Anda selalu waspada terhadap kemungkinan ancaman atau bahaya. Untuk menghindari penjahat bersembunyi di balik sudut, periksa secara menyeluruh skala area yang lebih luas selama shift patroli anda. Jangan hanya berjalan melewatinya.

**7. Variasikan Rute Patroli Anda

Satpam pada umumnya ditugaskan untuk memeriksa berbagai pos pemeriksaan selama giliran patroli mereka. Seringkali satpam mengambil rute yang sama ke pos pemeriksaan mereka. Melakukan hal itu akan membuat gerakan anda dapat diprediksi sehingga anda rentan untuk diserang atau dilewati penjahat tanpa terdeteksi.

Untuk menjaga pergerakan penjagaan ketika berpatroli tidak dapat diprediksi dan mempersulit perencanaan kegiatan kriminal, cobalah dan ubah rute yang anda ambil ketika berpatroli di pos pemeriksaan. Dan juga pertimbangkan untuk mengecek mundur pada rute anda dari waktu ke waktu.

**8. Berhenti, Lihat, dan Dengarkan

Aktivitas satpam ketika melakukan patroli keamanan adalah saat dimana banyak hal yang tidak terduga bisa terjadi. Untuk memastikan kewaspadaan anda ketika berpatroli tidak menjadi tumpul, pastikan untuk berhenti saat berpatroli, melihat-lihat, dan mendengarkan lingkungan sekitar. Metode pemberian jeda ini akan membantu anda meningkatkan perhatian terhadap hal detail. Mungkin juga dapat membantu untuk mengidentifikasi hal ganjil yang menyelinap di lokasi.

**9. Ketahui Prosedur Darurat

Sangatlah penting untuk memahami langkah-langkah keamanan untuk membantu Anda menangani insiden yang terjadi. Pastikan Anda mengetahui prosedur apa yang harus diikuti jika terjadi cedera, pembobolan, kebakaran, atau bencana alam. Pelajari apa yang harus dilakukan jika anda mengalami insiden tersebut.

Mengetahui prosedur yang terlibat saat menghadapi kesulitan dapat membantu meningkatkan waktu respons. Peningkatan ini dapat menyebabkan penyelamatan hidup seseorang.

**10. Kenali Batasan Anda

Petugas Satpam akan sering melakukan segala yang mereka bisa untuk melindungi kliean anda dan asetnya. Namun ada juga di beberapa situasi dimana memerlukan bantuan khusus. Sebuah peristiwa teroris, misalnya, mungkin memerlukan pasukan khusus. Sebuah insiden pengeboman akan membutuhkan tim penjinak.

Meskipun mungkin tergoda untuk bertindak heroik dalam sejumlah situasi yang mungkin anda tidak terlatih untuk itu, penting untuk selalu mempertimbangkan keselamatan pribadi dan keselamatan orang lain. Pastikan anda memahami protokol yang tepat saat menangani kasus khusus dan selalu menyerahkan tanggung jawab kepada pihak yang paling cocok untuk menangani suatu situasi atau melaporkannya pada supervisor anda guna menangani langkah selanjutnya.

Aktivitas patroli bagi satpam adalah pekerjaan yang pada dasarnya berbahaya. Untuk melindungi petugas satpam saat melakukannya, pastikan mereka tahu cara berpatroli dengan cara “mengutamakan keselamatan”. Dengan mempertibangkan tips yang tercantum di atas adalah titik awal yang sangat baik. Setelah petugas satpam menguasainya, terus kembangkan dan tingkatkan cara mereka dapat menjaga diri mereka sendiri dan orang lain tetap aman saat bertugas.