Alasan Mengapa Pendidikan dan Pelatihan Satpam Itu Penting

Tim infosatpam

| 3 minutes


Dalam menjalankan tugasnya, petugas Satpam wajib memiliki seperangkat pengetahuan dan keahlian dasar sebagai satuan pengamanan. Jika seorang Satpam tidak memilikinya maka dapat membahayakan bukan hanya dirinya tapi juga objek yang dilindunginya di instansi atau perusahaan tempat dia bekerja. Karena itu berikut ini adalah alasan akan pentingnya pendidikan dan pelatihan satpam:

1. Satpam Wajib Memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Ijazah dan KTA Satpam merupakan kartu yang wajib dimiliki oleh setiap satpam sebagai salah satu syarat untuk resmi menjadi seorang satpam. Dan untuk mendapatkannya harus melewati rangkaian pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kepolisian.

2. Mengetahui Tupoksiran Satpam Pengetahuan akan tugas pokok, fungsi, dan peran / Tupoksiran satpam sangat penting karena dalam menyelenggarakan tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban di tempat kerjanya. Petugas satpam dapat memposisikan diri dan bertindak sesuai fungsi dan perannya berdasarkan prosedur yang didapatkan selama masa pelatihan. Oleh karena itu, dengan memahami Tupoksiran Satpam, maka mereka akan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efisien dan profesional.

3. Dapat Melatih Keterampilan Dasar Satpam Ketika melakukan tugas satpam yaitu pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli membutuhkan sejumlah keahlian yang perlu dikuasai, antara lain:

  • Keterampilan Beladiri yang diajarkan pada saat pelatihan.
  • Keterampilan menggunakan alat membela diri seperti tongkat T, borgol, dan senjata api untuk Satpam yang telah memperoleh izin karena wilayah penugasannya.
  • Keterampilan untuk mengenali Narkotika dan zat adiktif lainnya.
  • Keterampilan dasar komunikasi radio.
  • Keterampilan membuat laporan berita acara pemeriksaan (BAP).
  • Keterampilan peraturan baris berbaris (PBB).

4. Melatih Kesigapan Dalam Menghadapi Situasi Berbahaya Seorang Satpam yang telah melalui masa pelatihan sudah dibekali dengan kemampuan untuk mengidentifikasi bahaya dan cara menggunakan informasi yang ada untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan dampak bahaya tersebut. Kemampuan ini sangat bermanfaat untuk melatih kesigapan menanggulangi masalah yang muncul.

5. Mengasah Kerjasama Tim Seorang satpam tidak selalu bekerja sendiri. Dalam banyak kasus, satpam harus bekerja sebagai tim dengan rekan sesama petugas satuan pengamanan. Terutama jika ditempatkan di area yang memiliki daerah dengan pengawasan luas seperti pabrik, atau mall. Oleh karena itu, bekal pelatihan berkoordinasi sebagai tim menjadi penting untuk bekerja secara efisien dalam menjalankan tugas.

6. Melatih Kemampuan Komunikasi Pelayanan Sekarang ini petugas satpam selain dituntut memiliki fisik yang sehat juga harus memiliki kemampuan untuk melayani kliennya dengan baik. Kemampuan komunikasi pelayanan dapat memberikan rasa aman, nyaman dan kepuasan terhadap service yang diberikan. Dan pada akhirnya hal itu akan berimbas positif terhadap nama perusahaan.

7. Memudahkan Pencarian Lapangan Kerja Banyak perusahaan merekrut satpam yang memiliki keahlian lengkap sebagai petugas pengamanan. Karena itu KTA satpam wajib dimiliki oleh setiap petugas satuan pengamanan yang menjadi pengakuan dan sudah menjalani pelatihan oleh kepolisian. Hal itu disebabkan oleh banyaknya risiko yang ditanggung oleh perusahaan. Maka dari itu setiap petugas satpam yang direkrut diharuskan memiliki keahlian untuk menjaga mereka dari berbagai tipe gangguan keamanan dan ketertiban yang dialami perusahaan. Ketika satpam dapat melakukan tugasnya dengan baik maka akan berdampak positif pula bagi perusahaan.