Manfaat Memakai Jasa Satpam Untuk Jaga Malam

Tim infosatpam

| 2 minutes


Malam hari merupakan waktu yang sangat rentan dengan tindak kejahatan. Berbeda dangan siang hari ketika banyak orang lalu lalang dan memiliki pencahayaan yang cukup, malam hari jarak pandang menjadi terbatas dan lingkungan instansi atau perusahaan sudah menjadi sepi.

Ketika malam tiba, aset perusahaan memiliki risiko tinggi untuk mengalami pencurian ataupun pengerusakan. Salah satu solusi untuk mencegah hal tersebut adalah dengan menggunakan jasa satpam untuk berjaga di malam hari. Berikut adalah manfaat Pemakaian jasa satpam untuk jaga malam:

1. Mencegah Penyusupan dan Pencurian Penyusupan pada malam hari dengan tujuan mencuri barang dagangan, data atau dokumen perusahaan sering terjadi. Tipe kejahatan seperti ini paling sering terjadi pada malam hari setelah jam kerja berakhir karena memudahkan pelaku kejahatan memasuki gedung tanpa diketahui. Selain memperkuat sistem keamanan, pengguanaan jasa satpam untuk jaga malam menjadi solusi untuk mencegah hal itu terjadi. Dengan kehadiran patroli petugas satpam yang terlatih dimalam hari mampu mengurangi kejahatan pencurian maupun penyusupan secara signifikan.

2. Mencegah Tindak Vandalisme Tindakan vandalisme dapat merugikan bisnis dan juga citra perusahaan karena dapat menimbulkan kerusakan properti dan juga masalah kepercayaan akan keamanan perusahaan. Biaya perbaikan atas kerusakan akibat vandalisme dapat mengakibatkan bisnis ditutup sementara untuk renovasi. Kehadiran satpam dapat membantu mencegah vandalisme dan menghindari terjadinya kerusakan properti. Satpam profesional dilatih untuk menangani berbagai tindak kejahatan dan cekatan dalam bertindak.

3. Sebagai Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TP-TKP) Ketika terjadi insiden gangguan keamanan di lingkungan kerja, kemampuan satpam untuk bertindak cepat melakukan TP-TKP. Dengan petugas satpam berada di lokasi maka mereka dapat dengan cepat merespon semua masalah keamanan yang muncul sesuai dengan prosedur TP-TKP. Maka puncurian, vandalisme, atau gangguan keamanan lain dapat dicegah atau paling tidak diminimalisasikan dampak kerugiannya.

4. Sebagai Kepolisian Terbatas Petugas satpam biasanya menjadi orang yang pertama menanggapi insiden keamanan di lingkungan bisnis. Dibeberapa situasi dimana satpam mendapatkan kasus diluar wewenangnya seperti kasus pembunuhan, memenjarakan pelaku pencurian, atau insiden lainnya. Maka tugas satpam adalah menelepon polisi, mengamankan TKP, serta membantu penyelidikan polisi sesuai dengan perannya sebagai kepolisian terbatas.

5. Melindungi Masyarakat Petugas satpam bertugas melindungi aset usaha, termasuk perlindungan masyarakat disekitar lingkungan tempat kerjanya. Seorang petugas keamanan dapat berpatroli di lingkungan sekitar dengan berjalan kaki, sepeda, atau kendaraan lainnya tergantung pada luas area. Petugas keamanan terlatih memahami jenis skenario apa yang tampak mencurigakan dan kapan harus bertindak ketika tinggkat situasi bahaya meningkat. Dengan adanya satpam yang berjaga di malam hari masyarakat disekitar dapat beristirahat dengan tenang.