Mengenal Bapak Satpam Indonesia

Tim infosatpam

| 1 minute


Sejarah Singkat Prof Dr Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin MPA Menjadi Bapak Satpam Indonesia

Satuan Pengamanan (Satpam) diciptakan dengan tujuan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban Lingkungan dengan pelatihan, pembinaan, dan pengawasan dari Kepolisian sebagai mitra.

Orang yang berjasa dibalik terbentuknya Satpam adalah Prof Dr Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin MPA. Beliau menerbitkan “Surat Keputusan Nomor Pol: SKEP/126/XII/1980” yang berisikan tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan pada tanggal 30 Desember 1980. Tanggal keluarnya surat itu kini diperingati sebagai hari jadinya Satpam Indonesia.

Semua diawali dari sebuah gagasan Prof Dr Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin MPA melihat akan keterbatasan jumlah polisi yang tidak ideal dibandingkan dengan jumlah penduduk. Maka dikeluarkanlah Surat Keputusan tersebut yang memanfaatkan swakarsa masyarakat untuk menjalankan fungsi kepolisian terbatas untuk menjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kini Satpam dapat secara luas aktif berpartisipasi mengamankan perusahaan atau instansi yang memperkerjakannya. Disisi lain Satpam juga membantu tugas polisi menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Dan yang menjadi landasan dasar hadirnya Satpam yang ada saat ini tidak dapat dipungkiri adalah berkat Surat Keputusan yang diterbitkan oleh Prof. Dr. Jendral (Purn) Awaloedin Djamin MPA. Oleh karena itu, pada tanggal 30 Desember 1993 Kepolisian Negara Republik Indonesia mengukuhkan Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin MPA sebagai Bapak Satpam Indonesia mengingat jasa beliau sebagai pelopor serta tonggak terbentuknya satpam di Indonesia.