Mengenal Jenis Borgol Satpam

Tim infosatpam

| 2 minutes


Borgol merupakan salah satu perlengkapan yang digunakan satpam untuk mengunci gerakan pelaku kriminal dan mencegahnya melarikan diri.

Mereka terdiri dari dua bagian belenggu yang biasanya dihubungkan oleh rantai. Setiap belenggu memiliki lubang melingkar yang bekerja dengan sistem roda bergerigi untuk mencegah dibuka setelah ditutup di sekitar pergelangan tangan seseorang.

Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk borgol pun mengalami beberapa perubahan sesuai dengan penggunaan dan fungsinya. Desain borgol sekarang ini mengutamakan keamanan dan kecepatan dalam memborgol seseorang. Berikut adalah tipe borgol modern yang secara umum digunakan:

1. Borgol Engsel (Hinged Handcuffs)

Sesuai dengan namanya, borgol engsel dihubungkan oleh engsel yang dapat membatasi pergerakkan orang yang memakainya. Mereka memberikan kestabilan tapi agak sulit digunakan karena hanya dapat dibengkokan ke dua arah dan tidak bisa berputar kesamping.

Struktur engsel borgolnya juga membuatnya jadi lebih kokoh, dan lebih mudah mengendalkan gerakan tersangka hanya dengan mengubah sudutnya saja. Borgol engsel ini juga dapat dilipat dua dan dimasukkan kedalam kantong borgol lebih mudah.

2. Borgol Rantai (Chain Handcuffs)

Borgol rantai merupakan borgol yang umum digunakan oleh petugas satuan pengamanan. Borgol ini memberikan bergerakan lebih bebas pada pergelangan tangan. Namun sayangnya kurang kokoh jika dibandingkan borgol engsel dan juga kurang dalam hal manuver untu mengontrol pergerakan tersangka. Sehingga dalam beberapa kasus tersangka masih dapat melepaskan diri dari borgol. Meskipun demikian borgol tipe ini masih banyak yang menggunakan karena mudah digunakan dengan satu tangan dan juga mudah disimpan dalam kantong.

3. Borgol Palang (Bar Handcuffs)

Borgol palang ini merupakan borgol yang memberikan kestabilan lebih dibandingkan borgol engsel. Semua itu dikarenakan ketika lengan tersangka sudah dikunci oleh borgol palang, mereka sama sekali tidak memberikan ruang untuk bergerak jika dibandingkan borgol engsel yang masih memberikan pergerakan dua arah. Borgol ini memungkinkan untuk aparat mengontrol tersangka dan mempertahankan dengan lebih aman.