Tips Menjaga Rumah Dari Penyusup

Tim infosatpam

| 4 minutes


Pencurian rumah bisa terjadi kapan saja. Jika seseorang ingin membobol rumah, ada banyak cara untuk melakukannya. Sementara sistem keamanan rumah telah terbukti dapat mencegah pencurian, tapi mereka tidak menjamin 100% akan dapat menghentikan pencuri untuk melaksanakan aksinya. Karena tidak ada cara pasti untuk menjaga rumah anda dari bahaya atau kerusakan setelah dipilih sebagai target.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan rumah Anda tidak menjadi sasaran pencurian. Dengan menambahkan lapisan keamanan di rumah Anda akan membuat properti Anda dihindari oleh para pencuri dan secara signifikan mengurangi peluang rumah anda untuk dibobol. Di bawah ini adalah daftar sepuluh cara untuk mengamankan rumah Anda dari target pencurian.

1. Amankan Tempat Masuk

Hal ini mungkin tampak sepele, tetapi ada banyak detail kecil yang dapat membuat rumah anda menjadi target yang menarik bagi para pencuri. Detail tersebut mencakup jendela tipis atau kurang aman, pintu dengan kunci pintu murah, atau pintu garasi yang mudah dibuka.

Namun, detail yang disebutkan di atas dapat dengan mudah diperbaiki. Anda hanya harus memastikan kalau jendela anda memiliki jendela dengan bahan kuat disertai kait pengunci, kenop pintu dan grendel baru (atau lebih baik lagi, kunci pintar digital), dan pintu garasi yang aman. Jika tempat masuk ini terlihat seperti titik akses yang mudah dibobol, mungkin perlu dipertimbangkan untuk memperkuat keamanannya.

2. Sistem Keamanan Rumah

Anda tidak perlu menunggu sampai kecurian untuk menggunakan sistem keamanan di rumah anda. Keamanan keluarga tercinta dan juga barang-barang yang ada di dalam rumah terlalu penting untuk ditunda jika dapat membahayakan mereka.

Adapun yang perlu dipertimbangkan ketika akan memasang sistem keamanan rumah. Seperti memasang bantalan alarm di kamar tidur utama jika Anda memerlukan akses ke tombol panik atau kontrol alarm. Salah satu fitur yang harus dicari adalah kapasitas sensor magnetik yang bisa dipasang di jendela. Tambahkan kamera sensor gerak eksterior yang direkam dan dipantau. Sembunyikan kabel eksterior di saluran listrik untuk mempersulit penjahat menemukan dan menonaktifkan sistem keamanan.

Sebagai tindakan pengamanan ekstra, jaga agar pintu tetap terkunci dan atur alarm di siang hari saat Anda berada di rumah. Anda juga harus memastikan sistem keamanan rumah mudah dirawat dan mudah digunakan. Keramahan pengguna harus menjadi yang utama. Memiliki sistem keamanan rumah tidak hanya akan bertindak sebagai pencegah, tetapi juga akan membantu memberikan peringatan anda dan pihak berwenang tentang insiden apapun yang berbahaya.

3. Pencahayaan outdoor

Pertimbangkan untuk memasang lampu LED dengan sensor gerak intensitas tinggi di luar ruangan pada semua sisi rumah. Meskipun mungkin tidak menghalangi penjahat memasuki rumah Anda, tapi itu akan dapat mengejutkan mereka dan membantu kamera keamanan mendapatkan pandangan yang lebih baik.

4. Mengeliminasi blind spot

Banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya menjaga rumah mereka dengan mengeliminasi blind-spot yang ada di halaman agar tetap terlihat oleh CCTV. Jika pencuri dapat dengan mudah bersembunyi dari orang yang lewat di balik semak-semak, pohon besar, peralatan, atau pagar, dia mungkin merasa yakin untuk menargetkan rumah Anda. Namun, jika tidak ada tempat bagi pencuri untuk bersembunyi, mereka cenderung tidak berkeliaran.

5. Mengamankan Halaman Pangkas pohon dan semak belukar agar tidak menjadi tempat persembunyian pencuri untuk mengintai saat mereka bekerja memasuki properti. Jika halaman tidak dijaga, itu adalah sinyal bagi aktor jahat bahwa pemilik rumah sedang pergi. Menanam semak berduri di dekat jendela sangat membantu dalam menjauhkan calon penyusup.

6. Safety Room* Pertimbangkan untuk membuat ruangan khusus untuk membantu melindungi keluarga anda dari bencana alam dan serangan pada rumah. Pastikan kamar aman anda dilengkapi dengan pintu pengaman dengan baut mati, lubang intip, dinding yang diperkuat, lantai dan langit-langit, telepon seluler tambahan, stop kontak, pengisi daya telepon seluler, kotak P3K, penerangan darurat, air, makanan, dan pertahanan diri peralatan.

7. Menciptakan Kebiasaan Jaga Keamanan

Adapun kebiasaan yang dapat dilakukan agar anda dan keluarga dapat merasa aman seperti mengunci semua jendela dan pintu ketika akan meninggalkan rumah, waspada terhadap orang-orang yang mencurigakan di lingkungan anda dan periksa tetangga secara teratur, jangan memasuki rumah jika anda mencurigai ada penyusupan.

Jika ada sesuatu yang mencurigakan anda dapat tetap berada di rumah, tutup pintu garasi, hapus atau samarkan barang-barang mahal untuk menghindari orang lain tahu tentang apa yang ada di dalamnya dan simpan ponsel dan kunci mobil anda di dekat tempat tidur. Gunakan ponsel anda untuk menelepon polisi dan gunakan tombol panik pada kunci mobil untuk menakut-nakuti penyusup.